Tuesday, February 10, 2015

Sedikit cara Perawatan hardware Laptop / Netbook



Perawatan laptop/notebook/netbook milik kita sebenarnya bukan hal yang  sulit atau mustahil untuk dilakukan, tergantung pribadi kita masing – masing, mau dipakai saja atau juga ingin merawat sekaligus…
Nah ini ada sedikit cara untuk membantu merawatnya:
1.       Baterai
-          Termasuk  komponen yang rentan rusak jika kita tidak berhati – hati. Untuk perawatan jika awal beli laptop baterai masih ada isinya, diusahakan dipakai dulu sampai muncul pemberitahuan baterai habis hubungkan charger, maka segeralah matikan laptop, lalu charge dengan keadaan mati selama 6-8jam.
-          Jika  kondisi baterai laptop sudah terpakai. Jika pada saat charge dalam keadaan hidup / dipakai, diharapkan pengguna untuk memeriksa indicator baterai sudah terisi penuh atau belum(biasanya indicator berwarna biru atau hijau ) nah langsung lepas charger jika laptop masih digunakan, jadi dalam keadaan battery power. Selalu charge baterai dalam keadaan mati itu lebih baik.  
2.       Lcd / led laptop
-          Saat menutup layar lcd/led periksa apakah ada benda di atas keyboard, sering kejadian lcd/led pecah karena ada mouse, charger, buku dsb sehingga menekan layar saat ditutup.
-          Berikutnya usahakan jangan menindih bagian belakang laptop saat tertutup dengan benda – benda yang berat spt (buku tebal, tas, atau mungkin siku tangan dsb).
-          Selanjutnya semua tergantung pemakaian pengguna dan kualitas lcd/led nya . 
-          Perlu diperhatikan saat membeli laptop baru, wajib cek lcd/led ada Dead Pixel / dot pixel atau GARIS .
3.       Keyboard
-          Keyboard juga komponen yg sering rusak pada laptop. Untuk merawatnya ada yang pakai pelindung karet di atas keyboard. Sebenarnya malah bisa merusak untuk jenis laptop tertentu karena ada jenis laptop yang membuang panas lewat selah – selah keypad. ini terserah pengguna ingin memakai pelindung atau beli pembersih keyboard .
-          Keyboard juga ada masanya
4.       Harddisk
-          Nah ini komponen yang fatal jika terjadi kerusakan. Karena hardware yang satu ini berfungsi menyimpan data – data kita. kurangi aktifitas memangku laptop atau meletakkan di  alas yang tidak rata / bergelombang, karena di dalam harddisk(non ssd) ada piringan tipis seperti kepingan cd yang berputar, dikhawatirkan perputaran tidak maksimal atau terganggu.
-          Cari alas yang bisa menyerap panas, ini diperuntukkan juga buat merawat bagian dalam laptop supaya pembuangan panas berjalan lancar.
-          Tanda – tanda harddisk rusak adalah berbunyi “klik klik” atau “tek tek tek” bisa juga tiba – tiba lemot padahal baru diinstal OS nya.
-          Harddisk juga mempunyai masa pemakaian.
Nah sampai disini dulu pembahasan tentang merawat laptop . intinya semua tergantung pemakaian si pengguna dan kualitas hardware dari pabriknya, pengalaman ada yang baru seminggu beli laptop harddisk atau layar tiba - tiba rusak , cacat produksi juga berpengaruh.  Terima kasih semua yang sudah membaca. Mohon meninggalkan pesan atau kritikan untuk kemajuan blog ini ke depannya. Walau sedikit semoga bisa membantu. God bless     

No comments:

Post a Comment

Terima kasih banyak sudah membaca blog saya, semoga bermanfaat , silahkan tinggalkan komentar